English First Surabaya

Belajar Listening Bahasa Inggris Untuk Anak SD

Pelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar umumnya memiliki prioritas kepada penguasaan vocabulary dan pronunciation, meski materi writing dan reading juga memiliki porsi yang hampir sama besarnya. Namun sayang, belajar listening bahasa Inggris untuk anak SD sering kali luput dari perhatian. Bahkan belajar listening bahasa Inggris untuk anak SD kurang mendapatkan perhatian dari kurikulum belajar.

Jika terus seperti ini, tentunya akan sulit sekali membentuk generasi muda yang tanggap dengan bahasa Inggris. Pasalnya, untuk menguasai conversation dalam bahasa Inggris, kemampuan listening mutlak dikuasai sebelumnya. Bayangkan bagaimana seseorang bisa berbicara dengan pronunciation yang tepat dan terlibat dengan sebuah percakapan bahasa Inggris yang intens, tanpa menguasai keampuan listening sama sekali. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi tanpa program belajar listening bahasa Inggris untuk anak SD di sekolah.

Materi belajar listening untuk anak SD juga bisa dibilang sebagai sebuah fondasi berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Sebab dari kemampuan listening, seorang anak mampu membangun sebuah percakapan berbahasa Inggris dengan baik.

Namun materi belajar bahasa Inggris untuk anak SD tentu berbeda dengan materi listening untuk tingkat sekolah lanjutan. Pembahasan percakapan hendaknya menggunakan topik sederhana dengan kata-kata yang mudah dipahami, dan sebisa mungkin menghindari adanya phonetically word di dalam sebuah kalimat. Sebab tujuan belajar listening bahasa Inggris untuk anak SD adalah memberi pemahaman dan dasar kempauan mendengar, bukan untuk menguji sudah sejauh mana mereka bisa menyimak sebuah percakapan dengan sempurna.

Apabila di dalam kurikulum sekolah anak tidak ditemukan materi belajar listening untuk anak SD sama sekali. Hendaknya Anda sebagai orang tua tanggap terhadap situasi berikut, dan sebisa mungkin mengajak anak untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya di tempat kursus. Sebab fondasi belajar bahasa Inggris haruslah dibangun semenjak anak di usia dini.

Random Posts

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment

Follow Twitter & Instagram @EFsurabaya and become a fan at http://facebook.com/EFSby to stay up to date